News

Rusia Habiskan Rp 198,3 Triliun Buat Piala Dunia 2018

Rabu, 13 Juni 2018
Stadion Luzhniki, tempat pembukaan Piala Dunia 2018. Foto: Angger Bondan/Jawa Pos

jpnn.com, MOSCOW - Piala Dunia 2018 di Rusia akan tercatat sebagai penyelenggaraan Piala Dunia termahal sepanjang 88 tahun sejarah turnamen ini.

Pemerintah Rusia menghabiskan lebih dari USD 14,2 miliar atau setara dengan Rp 198,3 triliun. Uang sebanyak itu digunakan utuk membangun dan memperbaiki stadion dan infrastruktur transportasi, plus satu hal lagi. Keamanan. Berikut cara Rusia mengamankan Piala Dunia 2018.

Aturan Jalur Bus

Selama Piala Dunia 2018 bus antar-kota dilarang memasuki Kazan, Moscow, Nizhny Novgorod, Rostov-on-Don, Samara, St. Petersburg, dan Sochi. Juga tak boleh mendekati stadion yang dekat dengan perairan. Antara lain di Rostov Arena dan Luzhniki Stadium, Moskow.

Pengawasan Zat-Zat Berbahaya

Sejak awal Mei, truk-truk pengangkut zat-zat berbahaya sudah dilarang di Rusia. Truk pembawa bahan kimia, zat yang mudah meledak, radioaktif, dan barang biologis lain tidak boleh memasuki 11 kota penyelenggara.

Puluhan Ribu Tentara

Rusia mengerahkan semua sektor keamanannya untuk menjaga Piala Dunia 2018. Baik itu yang terlihat maupun yang tidak terlihat. Tentara Keamanan Nasional, Federal Security Service (FSB), dan polisi lokal mengamankan situasi di jalan raya dan tempat-tempat publik. KGB juga berperan aktif. Diperkirakan Rusia mengerahkan lebih dari 80.000 tenaga keamanan sepanjang event ini.

Alat Digital dan Elektronik

Rusia memutakhirkan alat-alat digital terutama pemindai di bandara dan tempat-tempat publik. Peranti X-Ray untuk meneliti bawaan penumpang di bandara juga diperbarui menjadi jauh lebih akurat.

Teknologi Jupiter G-3

Pemerintah Rusia memakai dengan maksimal protokol Jupiter G-3 di Piala Dunia 2018. Teknologi ini mampu melihat dengan tepat koordinat kendaraan di jalan raya. Jadi, jika ada kendaraan yang sedikit saja mencurigakan, otoritas keamanan langsung bisa menangani.

Menambah Ribuan CCTV

Rusia menambah 4.000 CCTV di berbagai titik. Di Stadion Luzhniki (host pembukaan dan Final) saja, terdapat 3.000 CCTV baru. Ada 900 variasi sensor, scanner, monitor, dan detektor yang sudah terpasang di area stadion. Ada enam check-point dengan 39 jalur pemeriksaan untuk mengawasi kendaraan. Selain itu ada tujuh check point yang dilengkapi 427 titik pos penjangaan yang didirikan di area pedestrian. (*/na)

Laporan Langsung Wartawan Jawa Pos dari Rusia

Berita Terkait

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto bersama pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Bali, Koster-Cok Ace. Foto: for JPNN.com

Koster-Ace Unggul di Survei, Hasto Minta Kader Tidak Terlena

Pelatih Republik Korea, Shin Tae-yong (pakai topi). Foto: PA

Dimata-matai Swedia, Korea Ganti Nomor Punggung Pemain

Neymar. Foto: Reuters

Viral! Ada Semangkuk Pasta di Kepala Neymar